- Back to Home »
- 5 TIPS BIKIN MOTOR KENCANG ( bisa di lakukan sendiri )
Posted by : Unknown
Rabu, 25 Februari 2015
5 TIPS BIKIN MOTOR KENCANG ( bisa di lakukan sendiri )
M2000 – Siapa sih biker yang tidak pingin mempunyai motor keren dan kencang.
Mempunyai motor yang keren dan
ngacir memang menjadi daya tarik dan keinginan tersendiri bagi para pengguna motor, khususnya
para pencinta motor laki-laki.
Namun motor yang dari pabrikan pastinya terlihat tidak maksimal tarikannya, walaupun motor itu telah disetting dengan kondisi jalan Indonesia.
Namanya juga manusia pasti tidak ada rasa puasnya.
Ada beberapa hal Penyebab Motor Lambat .
Pertama karena kondisi standart dari pabrikan, motor tersebut disesuaikan dengan jalanan perkotaan, maka akan terasa kurang maksimal jika motor di ajak jalan diluar kota.
Yang kedua karena penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai dengan ketentuan pabrik, atau malah faktor yang ketiga yaitu pengguna jarang merawat motor tersebut.
Dan untuk membuat motor lebih ngacir atau performa motor tambah yahud, brader sekalian bisa mengikuti langkah-langkah ini, dijamin simple dan tidak menguras isi kantong .
Dan inilah beberapa part yang bisa brader pasang sendiri, dengan berbiaya murah dan pastinya bisa menambah performa tunggangan brader sekalian.
Yuk kita lihat ,apa saja sih part yang dibutuhkan :
1. Memakai 9 Power
Motor tidak maksimal dalam hal tarikannya bisa disebabkan karena sistem kelistrikan tidak
maksimal, untuk itu gunakan 9 Power yang berfungsi untuk memperlancar arus listrik dari koil, kemudia sehingga pembakaran akan lebih maksimal dan konsumsi BBM pun akan menjadi
lebih irit. Harganya sekitar Rp. 40 ribuan.
2. Power Blazzing
Power Blazzing ini hampir sama dengan 9Power.
Power Blazzing ini bekerja menyempurnakan sistem kelistrikan kendaraan atau motor anda.
Power Blazzing ini langsung terhubung dengan Accu atau Aki. Harga Power Blazzing adalah kisaran Rp 180rb.
Manfaat menggunakan Power Blazzing ini adalah :
– Hemat BBM hingga 20% (Terasa pada beberapa jenis motor)
– Tarikan motor jadi lebih SPONTAN
– Getaran mesin menjadi halus, mesin menjadi lebih dingin
– Aki/Accu motor tahan lama
Kelistrikan Lancar CDI, KOIL lebih stabil.
3. Busi Iridium
Dengan menggunakan Busi model Iridium, pembakaran akan memiliki pembakaran yang
lebih sempurna dan emisi gas buang akan menjadi lebih bersih. Belilah Busi Iridium yang sesuai dengan ketetapan pabrikan (lihat buku manual motor). Harga bisa lebih Rp. 100rb.
4. Gear Ratio
Jika dengan cara diatas belum mendapatkan hasil yang memuaskan, kita bisa bermain pada Gear Ratio atau biasa dengan Final Gear (SPROCKET). Yang perlu diperhatikan adalah
bahwa jika kita mengganti dengan tanpa perhitungan, bisa jadi motor kita akan menjadi lebil lemot.
Produsen Motor telah mensetting agar cocok digunakan dalam jalanan perkotaan begitu juga
dengan gear rasio.
Makin besar rasio gear, maka
akselerasi semakin mantap namun saja top speed akan menurun dan sebaliknya jika rasio gear kecil dan tarikan kurang maka top speed bertambah.
– Jika kita di daerah perbukitan, maka kita butuh gear rasio besar dan torsi (momen puntir) meningkat.
– Jika kita dalam lingkungan perkotaan kita bisa mencoba gear rasio yang diturunkan.
Saya pernah membahasnya disini.
5. Knalpot
Selanjutnya yaitu Knalpot atau saluran gas buang,
kita bisa mengganti knalpot motor kita agar tenaga motor kita bisa meningkat, walau ada anggapan bahwa dengan mengganti Knalpot,
motor akan menjadi lebih boros, hal itu tidak salah, namun jika mengganti dengan cara benar
hal tersebut bisa diatasi, belilah Knalpot produk aftermarket yang sudah memiliki kualitas serta
kuantitas, bukanlah knalpot yang abal-abal…lebih jelasnya silahkan klik disini.
Sebagai tambahan akhir , ini sebenarnya juga sederhana, tapi tidak semua biker bisa mengerjakannya, yaitu :
Porting Polish
Terakhir adalah Porting Polish, Porting Polish dan Papas head mesin juga bisa membantu motor
kita semakin ngacir, Modifikasi mesin ini dilakukan dengan cara yaitu mensetting ulang lubang masuk/keluar di silinder head.
Caranya bisa dilakukan dengan membubut/ memapas head silinder.
Namun resikonya adalah
motor yang sebelumnya memiliki nilai kompresi layak pakai bahan (premium) terpaksa menggunakan bbm beroktan tinggi seperti
contohnya Pertamax atau Pertamax Plus…jadi kalau brader biker pingin yang standart saja , trik terakhir ini jangan dilakukan.
Wassallamu’allaikum…